Macam macam cara mengatasi luka bakar

Macam macam cara mengatasi luka bakar – Untuk luka bakar ringan Dinginkan luka bakar untuk membantu menenangkan rasa sakit.

Pegang daerah yang terbakar di bawah air dingin (tidak dingin) selama 10 sampai 15 menit atau sampai rasa sakit berkurang. Atau oleskan handuk bersih yang dibasahi dengan air keran dingin. Lepaskan cincin atau barang ketat lainnya dari area yang terbakar. Cobalah untuk melakukan ini dengan cepat dan lembut, sebelum area membengkak.

Macam macam cara mengatasi luka bakar

salep luka bakar

Jangan memecah lecet kecil (tidak lebih besar dari kuku kecil Anda). Jika lecet pecah, bersihkan area dengan sabun dan air lembut dengan lembut, oleskan salep antibiotik, dan tutupi dengan perban kasa yang tidak lengket. Oleskan pelembab atau losion aloe vera atau gel, yang mungkin memberikan kelegaan pada beberapa kasus.

Jika diperlukan, perihal pereda nyeri over-the-counter, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya), naproxen sodium (Aleve) atau acetaminophen (Tylenol, lain-lain). Pertimbangkan tembakan tetanus. Pastikan penguat tetanus Anda up to date. Dokter menyarankan agar orang-orang terkena tetanus setidaknya setiap 10 tahun. Temui dokter Anda jika Anda mengalami lecet besar. Lepuh besar paling baik diangkat, karena jarang mereka tetap utuh sendiri. Juga cari pertolongan medis jika luka bakar menutupi area tubuh yang luas atau jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, seperti mengalir dari luka dan menambah rasa sakit, kemerahan dan bengkak.

Luka bakar utama

Hubungi 911 atau bantuan medis darurat untuk luka bakar utama. Sampai sebuah unit darurat tiba, lakukan tindakan berikut:

Lindungi orang yang terbakar dari bahaya lebih lanjut. Jika Anda dapat melakukannya dengan aman, pastikan orang yang Anda bantu tidak berhubungan dengan bahan yang membara atau terkena asap atau panas. Tapi jangan lepaskan pakaian yang terbakar menempel di kulit. Periksa tanda-tanda sirkulasi. Carilah pernapasan, batuk atau gerakan. Mulai CPR jika diperlukan. Hapus perhiasan, ikat pinggang dan barang-barang restriktif lainnya, terutama dari area yang terbakar dan leher. Daerah yang terbakar membengkak dengan cepat.

Baca juga : Salep luka bakar

Jangan membenamkan luka bakar besar dalam air dingin. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya panas tubuh yang serius (hipotermia) atau penurunan tekanan darah dan penurunan aliran darah (shock). Tinggikan daerah yang terbakar. Angkat luka di atas tingkat jantung, jika memungkinkan. Tutupi daerah luka bakar. Gunakan perban dingin, lembab atau bersih.

Apakah luka bakar kecil atau luka bakar besar? Jika tidak jelas tingkat perawatan apa yang dibutuhkan, cobalah menilai tingkat kerusakan jaringan, berdasarkan kategori luka bakar berikut ini:

Luka bakar 1 derajat

Luka bakar tingkat pertama adalah tipe yang paling tidak serius, hanya melibatkan lapisan luar kulit. Hal ini dapat menyebabkan:

  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Rasa sakit

Anda biasanya dapat mengobati luka bakar tingkat pertama saat luka bakar ringan. Jika melibatkan banyak tangan, kaki, wajah, selangkangan, pantat atau sendi utama, carilah bantuan medis darurat.

Tingkat 2 terbakar

Luka bakar tingkat dua lebih serius. Hal ini dapat menyebabkan:

  • Merah, putih atau bercak kulit
  • Pembengkakan
  • Rasa sakit
  • Lepuh

Jika luka bakar derajat kedua tidak lebih besar dari 3 inci (7,6 cm) dengan diameter, obati sebagai luka bakar ringan. Jika daerah yang terbakar lebih besar atau menutupi tangan, kaki, wajah, selangkangan, pantat atau sendi utama, obati sebagai luka bakar utama dan dapatkan bantuan medis segera.

Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar yang paling serius melibatkan semua lapisan kulit dan lemak yang mendasarinya. Otot dan bahkan tulang mungkin akan terpengaruh. Daerah yang terbakar bisa hangus hitam atau putih. Orang tersebut mungkin mengalami:

  • Sulit bernafas
  • Keracunan karbon monoksida
  • Efek toksik lainnya, jika menghirup asap juga terjadi

Macam macam cara mengatasi luka bakar

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *